Rabu, 10 Juli 2013


Ciri - Ciri Dasar Manusia

Bicara tentang manusia pasti bukan hal yang baru lagi, karena kata ini sudah lama dikenal oleh manusia itu sendiri, nah ini adalah ciri – ciri dasar dari manusia.


Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, dengan berbagai kelebihan dibandingkan makhluk hidup ciptaan Tuhan lainnya, seperti Tumbuhan dan Hewan. Kelebihan manusia karena memiliki akal dan hati, serta struktur tubuh yang paling sempurna. Coba bandingkan pada struktur tubuh, pancaindra (mata, telingan, hidung, lidah, dan kulit diciptakan dengan Misi/ Tujuan utama:

A. Hamba Tuhan
Harus taat menjalankan ibadah.

B. Khalifah Di Muka Bumi
Menjalankan kepemimpinan di Bumi dengan ; mengatur, memanfaatkan dan melestarikan kehidupan di Bumi. Kehidupan manusia dibangun oleh kehidupan jasmani, akal dan rohani.

Kehidupan berawal dari kelahiran manusia secara fisik/ jasmani sejak dalam kandungan ibu, kemudian tumbuh berkembang dengan kelengkapan berfikir akalnya dan selanjutnya memunculkan kesadaran rohani dalam menjalankan hidup dan kehidupannya. Bagaimana jika ada yang tak ‘hidup’? Kehidupan jasmani/ fisik manusia dalam perkembangannya memerlukan makanan, minuman dan udara untuk dapat terus hidup. Kehidupan jasmani yang sehat memerlukan ketiga unsur tersebut yang halal dan baik. Halal berarti diperoleh dengan cara yang benar dan tidak dilarang oleh Penciptanya. Sedangkan, baik berarti bermanfaat bagi kehidupan jasmani manusia, bukan bersifat racun.

C. Nilai Kehidupan  


D. Jasmani Dan Rohani
Kehidupan fikiran manusia berupa unjuk kerja dari otak, saraf dan indera yang bersifat analisis maupun sintesis, juga merupakan sarana dan prasarana memahami sumber dari segala sumber kreativitasnya. Oleh karena itu untuk menghidupkannya manusia harus terus belajar atau berfikir sepanjang hayatnya. Setiap langkahnya merupakan proses belajar menuju pelajaran berikutnya tanpa berhenti atau bosan sehingga hal ini akan menimbulkan konsep belajar sepanjang hayat dan mandiri. Kehidupan rohani manusia timbul secara sadar untuk memahami hidup (jasmani) dan kehidupannya (akal) agar mendapatkan nilai ketenangan, kebahagiaan dan kedamaian. Nilai ini tidak akan dapat diperoleh tanpa memahami makna hidup dan kehidupan manusia, sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang sadar akan keberadaannya di dunia. Dengan demikian rohani manusia memerlukan ajaran-ajaran kebenaran hakiki yang dibenarkan hati nurani manusia yang terbebas dari berbagai kotoran.


E. INTELEKTUAL
Kemampuan intelektual menyangkut analisis, logika dan rasio. Misalnya 25 x 7 : 3,5 = …?


F. EMOSIONAL
Kemampuan Emosional merupakan kemampuan mendengar suara hati sebagai sumber informasi komitmen, kepekaan, dan loyalitas.


G. SPRITUAL
Spiritual yang dimaksud adalah kemampuan memberi makna puncak spiritual, yang lebih mendasar pada konsep spritualisasi pendidikan.


Cambridge-Dictionary 1995 Mendefenisikan Ilmu Pengetahuan :

Ilmu Pengetahuan adalah kumpulan pengetahuan yang benar, mempunyai objek dan tujuan tertentu dengan system/ metode untuk berkembang serta berlaku universal yang dapat diuji kebenarannya.

0 komentar:

Posting Komentar